Mengenai Saya

Foto saya
Hello !! My name is Hana Rosnawati. You can call me by Hana or Hanoy. I study at UNAS PASIM Bandung, Indonesia. You can contact me at hny.h4na@gmail.com . Thanks !

Sabtu, 23 April 2011

Tips hemat uang jajan :)

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Pada awalnya di Indonesia, uang —dalam hal ini uang kartal— diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi.

Tips hemat uang jajan :)

Kita pasti memiliki uang jajan , tetapi kita sering salah gunakan uang tersebut dengan membeli keperluan yang tidak penting, cara" untuk menghemat uang jajan :
1. Catat Pemasukan Dan Pengeluaran Uang Anda.
Buat rencana pemasukan dan rencana pengeluaran di mana setiap akhir bulan harus ada banyak uang yang ditabung. Disiplin ketat dan jangan pernah melanggar anggaran yang ada kecuali sangat penting dan mendesak.

2. Gak usah pake kartu Kredit dan simpan jauh-jauh Kartu ATM anda.

Kemudahan untuk berhutang dan mengambil uang tabungan akan menjebak anda dalam kenikmatan mengeluarkan uang. Oleh karena itu sebaiknya uang cash anggaran bulanan anda simpan dan di rumah tanpa boleh mengutak-atik kartu-kartu penarik uang anda dan uang yang ada di bank.

3. Hilangkan Gengsi Dan Hobi Mahal Anda.

Kalau anda malu terlihat kere dan katrok, mulai saat ini anda harus berani tampil kere dan katro di hadapan kenalan anda, jika perlu pindah rumah dan mulai kehidupan baru yang kere dan katro. Sebenarnya tidak sampai harus kere dan katro, tapi lebih tepatnya hidup sederhana dimana pengeluaran anda hanya pada yang penting-penting dan murah meriah. Buang hobi mahal seperti jalan-jalan ke luar negri dengan jalan-jalan di komplek/kampung rumah anda. Yang hobi ke gym/pusat kebugaran ganti dengan lari joging keliling kampung atau main bola / badminton dilapangan atau ddi jalanan.

4. Hemat Pengeluaran Besar Rutin Anda.

Biaya pulsa, internet, traktir pacar, dan sebagainya, yang jumlahnya sangat besar sebaiknya dihilangkan saja. Kalau senang telepon-teleponan ubah dengan bicara langsung atau gunakan telpon seperlunya tidak bertele-tele.

5. Ubah Penggunaan Transportasi Yang Mahal.

Dari yang biasa naik mobil pribadi ke mana-mana sebaiknya pake sepeda motor, buat hemat bensin. Kalau sering naik taxi dan ojek motor, sekarang gunakan motor pribadi, angkot atau jalan kaki.

6. Makan Dan Minum Di Rumah saja Atau Bawa Dari Rumah.

Yang pasti membuat makanan dan minuman sendiri yang sederhana biayanya lebih murah daripada jajan di luar. Sarapan di rumah, makan siang dari bekal yang di bawa dari rumah, makan malam di rumah, dll.

7. Terapkan Gaya Hidup Sederhana.


8. Hentikan Kebiasaan Bodoh Anda.

Bagi anda yang merokok, minum miras, atau ngedrugs, hentikan segera kebiasaan itu karena tidak ada gunanya dan itu semua hanya membakar uang dan menghancurkan hidup anda.

9. Hemat Belanja Anda Dan Jaga Nafsu Belanja Anda.

Yang doyan belanja / shopping sebaiknya buat daftar belanjaan sesuai anggaran / budget yang telah dibuar agar tidak mudak tergoda dengan barang yang dijajakan selain yang anda butuhkan. Pastikan produk yang anda beli tidak mahal yang penting fungsi sama dan kualitas tidak buruk.

10. Hindari Bujukan Discount.

Sebaiknya sebelum anda tergiur merogoh kocek untuk membeli barang berlabel 'discount' , pikir sekali lagi apakah barang tersebut benar-benar anda butuhkan.

11. Sediakan Kotak Tabungan.

Masukan uang receh kembalian ke kotak tabungan itu. Dan di akhir bulan anda bisa mengambilnya. Lumayan kan dapet digunakan buat bayar uang parkir atau hal-hal kecil lain di bulan berikutnya . :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar